Eco Project 2019

 

Eco Project 2019 adalah rangkaian acara oleh HMTL ITB untuk sarana edukasi dan interaksi dengan masyarakat untuk turut mengimplementasikan eco-lifestyle demi terciptanya masa depan yang berkelanjutan.


LATAR BELAKANG

Konsep SDGs merupakan target yang ingin dicapai secara global pada 2030 memiliki 3 tujuan mulia, yakni mengakhiri kemiskinan, mencapai kesetaraan, dan mengatasi perubahan iklim. Berdasarkan hal tersebut, SDGs memiliki 5 pondasi utama, yakni manusia, planet, kesejahteraan, perdamaian, dan kemitraan.

Masyarakat sebagai salah satu sasaran utama target ini, hendak memiliki peranan penting dalam turut serta menjaga keseimbangan lingkungan, sosial, dan ekonomi. Insan muda merupakan motor pergerakan dalam masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu lingkungan yang dekat dengan kehidupan. Oleh karena itu, insan muda diharapkan dapat menjadi pelopor dalam menyebar luaskan ilmu kepada masyarakat di sekitarnya.

Eco Project 2019 akan menjadi wadah interaksi dan kolaborasi demi terciptanya target SDGs di masa mendatang. Panitia Eco Project 2019 sebagai mahasiswa Teknik Lingkungan ITB ingin belajar, berbagi, dan bergerak bersama masyarakat untuk menerapkan implementasi eco-lifestyle demi terciptanya kehidupan yang lebih baik seiring pembangungan berkelanjutan.


OUR PROGRAMS

Eco-Roadshow

Kegiatan dalam rangka pengenalan, penyebarluasan, serta upaya mengajak sasaran untuk berperan serta dalam mewujudkan Sustainable Development Goals kepada beberapa sekolah di wilayah Bandung.

Eco-Challenge

Kompetisi skala nasional yang akan menghasilkan ide dan/atau karya dan/atau inovasi pengaplikasian bidang Teknik Lingkungan yang dapat dimanfaatkan guna menjawab tantangan global di bidang Teknik Lingkungan untuk masa depan. Info lebih lanjut>>

Eco-Movement

Kegiatan dalam rangka pengenalan, penyebarluasan, serta upaya mengajak sasaran dan menumbuhkan kebiasaan yang mendukung SDGs. Kegiatan ini dilaksanakan secara periodik, dengan pendekatan ke masyarakat di lingkungan tertentu untuk menanamkan budaya dan kebiasaan yang menunjukkan kepedulian terhadap SDGs.

Eco-Campaign

Informasi disebar luaskan melalui upaya penyuansanaan dan propaganda dengan memanfaatkan media online dan offline. Informasi yang disebar luaskan meliputi implementasi SDGs yang dikemas melalui media yang menarik.


MAIN EVENTS

Seminar

Komunikasi interaktif bertemakan “Implementing Eco-Lifestyle for Sustainable Future” dengan mengundang pemateri dari latar belakang yang berbeda (perusahaan, non-govermental organization, pemerintah).

Festival

Acara puncak yang melibatkan peran serta seluruh kalangan masyarakat serta stakeholder yang bergerak di bidang lingkungan, dan khususnya mahasiswa Teknik Lingkungan. Terdapat wahana interaktif serta kampanye-kampanye yang atraktif guna membangun kebiasaan yang mendukung SDGs.

Exhibition

Penampilan karya-karya yang lahir dari Eco-Challenge dan karya lain yang memberi manfaat bagi masyakarat.

 


Informasi lebih lengkap, kunjungi Instagram Eco Project 2019.