Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan dalam OSKM ITB 2019

Jurnalis : Nitya (TL 2017)

Dokumenter : Syaviera Said (TL 2016), Ammardito (TL 2017), Nabilah Safitri (TL 2017)

Jika mendengar kata “OSKM ITB”, pasti langsung teringat perayaan kaderisasi tahunan terbesar di ITB. Tiap tahunnya mahasiswa baru disambut untuk diperkenalkan wawasan barunya mengenai dirinya sendiri sebagai mahasiswa dan seputar lingkungan kampus seperti HMJ, Unit, dan lain sebagainya. Kali ini HMTL turut serta dalam menyemarakan OSKM tahun ini. Semua HMJ diundang untuk mengikuti beberapa mata acara pada penyelenggaraan OSKM tahun ini.

Pada hari pertama pembukaan OSKM, ada dua mata acara yang melibatkan HMTL. Mata acara pertama adalah mata acara yang baru berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu pawai pelangi. HMTL mengirimkan 5 orang perwakilan untuk melakukan pawai perfakultas dengan tujuan memperkenalkan warna-warni KM ITB berupa pengenalan himpunan-himpunan. Selanjutnya untuk mata acara kedua pada sore harinya adalah interaksi fakultas, mahasiswa baru 2019 dikumpulkan per fakultas dan melakukan interaksi dengan himpunan yang dinaungi oleh fakultas tersebut. Dalam hal ini HMTL dibawah naungan FTSL melakukan interaksi fakultas bersama HMS, KMKL, KMIL dan HIMASDA. Harapannya interaksi fakultas ini menjadi langkah pendekatan pertama dengan mahasiswa baru 2019. Pada hari kedua, tidak ada mata acara yang melibatkan HMJ. Kemudian pada hari ketiga terdapat dua mata acara yang selalu menarik tiap tahunnya. Ya, salah satu mata acara yang menarik ini adalah lorong massa. Massa himpunan dan unit dibariskan seperti lorong dari TVST sampai dengan Sunken court, dan mahasiswa baru 2019 melewati lorong tersebut menuju penutupan acara OSKM di Saraga. Hal yang menarik dari lorong massa itu sendiri, selalu ada cerita lucu yang dilakukan massa himpunan untuk menarik perhatian para mahasiswa baru. Lorong massa sendiri waktunya cukup lama, karena sebanyak 4000 mahasiswa baru melewati lorong tersebut. Selesai acara lorong massa, baru lah menuju penutupan acara OSKM dengan mata acara terakhir yang melibatkan HMJ adalah orasi pelangi. Seluruh perwakilan dari HMJ ITB melakukan orasi selama 30 detik untuk menyampaikan pesan dan kesannya untuk para mahasiswa baru.

HMTL pada Mata Acara Interaksi Fakultras
Benedicto ( TL 2016) pada Mata Acara Interaksi Fakultras
Massa HMTL saat Lorong Massa
Muhammad Arfan (TL 2016) sebagai Ketua Himpunan Memberikan Orasinya

Dalam waktu yang begitu singkat, OSKM ITB selalu punya ceritanya sendiri baik itu untuk para mahasiswa baru atau mungkin untuk mahasiswa ‘lama’. Terima kasih OSKM ITB, yang ceritanya selalu dikenang dan ditunggu tiap tahunnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× nine = 54