Mengintip Restoran Zero Waste di UK

Belakangan ini, semakin banyak campaign melindungi lingkungan terutama di media sosial. contohnya ialah campaign #NoPlasticStraws atau gerakan untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Tapi pada tau gak kalau ternyata sebenernya udah banyak banget restoran yang menerapkan sistem zero waste. WOW! Keren yaaaa… yuk kita intip nih beberapa restoran yang termasuk dalam “The Best Zero Waste Restaurants in the UK” menurut Vogue UK.

  • SILO

Memiliki tagline “the only truly zero-waste restaurant” di Inggris, Silo pantas mendapatkan reputasi terbaiknya. Terletak di pusat Green Brighton, restoran mewah ini telah berhasil mengolah limbah dengan membuat kompos setiap sisa makanan yang tersisa langsung di tempat. Tim Silo juga menghancurkan semua gelas limbah untuk potter lokal mereka untuk dibuat menjadi keramik yang indah untuk para pengunjung dan semua dekorasi seperti meja dan kursi merupakan hasil up-cycled dan repurposed.

  • Rovi

Restoran ini menyajikan menu dengan sayuran sebagai fokus utamanya, menggunakan cara fermentasi dan api untuk membumbui dan memasak. Restoran ini mendaur ulang energi panas dari dapur untuk memanaskan ruangan. Serta menggunakan kembali setiap left-overs untuk membuat cuka untuk campuran minuman dan masakan, dan koktail. Bahan-bahannya bersumber dari buah dan sayuran dari pertanian biodinamik di Sussex dan koperasi London setempat sehingga semua hasil dari restoran ini dapat dimanfaatkan karena bersifat bio-degradable.

  • Pharmacy

Restoran vegan ini juga 100% menggunakan plant-based food dengan memanfaatkan semua bagian tumbuhan dari akar hingga buahnya sehingga tidak ada sisa pengolahan. Selain itu yang sangat mengejutkan dari restoran ini ialah mereka menggunakan packaging yang juga 100% recyclable dan compostable.

  • Bean & Wheat

Sebuah kedai kopi dan deli yang menggunakan potongan dan produk samping dari dapur restoran lain. Para tamu juga dapat meminum jus dingin yang dibuat menggunakan buah-buahan dan sayuran yang cacat (reject) oleh restoran lain.

 

Tuh kan.. keren banget yaa. Nah kalau di Indonesia udah mulai banyak gerakan kok untuk menuju zero waste contohnya rstoran cepat saji McDonald’s yang sudah tidak memberi sedotan plastik lagi kecuali ada permintaan khusus dari pelanggan.

Yuk kita mulai dulu dari diri kita sendiri ya contohnya dengan stop pemakaian sedotan plastik dengan alternatif sedotan stainless steel, atau menggunakan tumbler sendiri. selain itu selalu gunakan barang-barang yang dapat di re-use ya!

Sumber: vogue.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + = 7