PEKKA HMTL ITB 2018: Kegiatan dalam Tantangan Zaman

Setelah berlangsung cukup lama, Pengenalan Keprofesian dan Kemahasiswaan (PEKKA) HMTL ITB 2018 ditutup pada tanggal 29 September 2018 ditandai dengan dilantiknya mahasiswa Teknik Lingkungan 2017 menjadi anggota biasa HMTL ITB. PEKKA HMTL ITB 2018 ini sendiri adalah salah satu program kerja Badan Pengurus HMTL ITB 2018/2019 yang bertujuan untuk melakukan regenerasi anggota HMTL ITB.

Istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan kegiatan ini adalah ‘ospek’ atau di ITB sering disebut dengan ‘ospek jurusan (osjur)’. Setiap himpunan memiliki caranya masing-masing untuk melakukan ‘osjur’ ini dan HMTL ITB melakukannya dengan caranya tersendiri. Bagaimana HMTL bisa melakukan ‘osjur’ ini sehingga bisa tetap memberikan nilai-nilai luhur kepada anggotanya tanpa melupakan adanya perbedaan generasi yang menuntut perbedaan pendekatan dalam melakukan pemberian nilai tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi HMTL ITB.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ‘osjur’ merupakan salah satu kegiatan yang mendapatkan pandangan kontroversial di kalangan mahasiswa maupun kalangan umum. Menggunakan satu sudut pandang, ‘osjur’ dapat dilihat sebagai kegiatan ‘kuno’ yang hanya melakukan repetisi ‘tradisi’ di dalam rangkaian kegiatannya. Akan tetapi, menggunakan sudut pandang yang berbeda pula, ‘osjur’ dapat dipandang sebagai kegiatan yang menyambut calon anggota baru sebuah organisasi dengan berusaha memberikan yang terbaik kepada mereka.

Bagaimana HMTL ITB 2018/2019 memaknai ‘osjur’, yang tertuang dalam PEKKA HMTL ITB 2018, adalah jawaban HMTL ITB atas kontradiksi yang seringkali terjadi. ‘Osjur’ tidak akan pernah lekang oleh waktu karena sejatinya ‘osjur’ adalah bagaimana himpunan tersebut mempersiapkan masa depannya melalui regenerasi anggotanya. Bukan ‘osjur’ yang sepantasnya diubah, melainkan ‘seperti apa osjur tersebut’. Bagaimana bisa dibuat suatu rangkaian kegiatan yang, dengan menyesuaikan perkembangan zaman, dapat tetap memberikan nilai-nilai luhur kepada anggotanya.

Dengan semangat progresif tersebut, PEKKA HMTL ITB 2018 telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatannya yang telah berlangsung selama berbulan-bulan dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melakukan banyak hal baru, kerja keras merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam melakukan seluruh rangkaian PEKKA HMTL ITB 2018 tersebut; banyak pengorbanan yang harus dilakukan, banyak argumentasi yang terjadi di dalamnya, dan banyak dinamika-dinamika baru yang tercipta selama prosesnya. Hal tersebut demi mengupayakan yang terbaik demi HMTL ITB kini dan ke depannya.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah semua itu akan membuahkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan? Biarkan waktu yang menjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − three =