SUNSCREEN BISA MERUSAK LINGKUNGAN?

Apakah kalian tau kalau pemakaian sunscreen yang tidak tepat akan merusak lingkungan?

Sunscreen yang kita pakai saat berenang di pantai, terutama bila mengandung oxybenzone dan octinoxate, dikatakan dapat merusak terumbu karang dan ekosistem laut. Ini masalah yang sangat serius. Tidak cuma sunscreen tapi juga insect repellent dan krim tabir surya lainnya,” tambah dia. Bahan kimia Oxybenzone ada di hampir semua jenis sunscreen.

Ikan-ikan juga akan teracuni dua bahan kimia tersebut. Bak efek domino, efeknya berimbas pada kesehatan manusia melalui ikan dan air yang dikonsumsi.

Hawaii jadi negara bagian Amerika pertama yang melarang penjualan sunscreen. Apalagi Hawaii merupakan negara yang menjual keindahan pantai dan lautnya.

Indonesia juga punya banyak pantai yang jadi tujuan wisata favorit. Jika diri ini peduli lingkungan, memang sebaiknya pertimbangkan kembali pemakaian sunscreen saat beraktivitas di pantai. Namun, proteksi kulit dari paparan sinar UV tentu masih jadi yang utama.

Tara Foley, pakar perawatan kulit alamiah, menyarankan agar kita memilih sunscreen jenis physicaldaripada chemical. Kandungan zinc oxide pada physical sunscreen bekerja menghalangi sinar UVA dan UVB di lapisan terluar kulit. Sementara chemical sunscreen (yang mampu menyerap sinar matahari) menembus ke dalam kulit (ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan kanker payudara, merusak DNA, gangguan reproduksi laki-laki, dan lain sebagainya) dan apapun yang terkena, seperti terumbu karang dan biota laut lainnya.

Untuk mempermudah pemilihan sunscreen yang aman, baca label dan komposisi bahannya, lalu hindari beberapa kandungan berikut:

  • Oxybenzone Octinoxate
  • Octyl methoxycinnamate (OMC)
  • Homosalate
  • Octisalate

Foley mengingatkan bahwa bahan kimia tersebut juga ditemukan pada produk kecantikan lainnya, seperti lipstik, perawatan rambut, dan cat kuku.

 

Jadi bagaimana? sudah siap untuk memilih dan mengecek sunscreen kamu? jangan lupa untuk cek komposisinya agar bisa menentukan apakah kita sudah membantu mewujudkan perlindungan bumi ini yaa!

 

source: www.liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 × = five