Belajar dari Negeri Tetangga: Daur Ulang Air di Singapura

images 9_41167532_-_16_01_2017_-_sbwaterPernah tau gak kalau Singapura itu terkenal dengan kebersihan kotanya dan juga sungai-sungainya? Nah mereka itu mampu mengelola sistem drainase dan sistem air limbah mereka secara terpisah sehingga tidak mencemari lingkungan dan mencemari badan air. Bahkan air-air buangan tersebut bisa diolah kembali oleh mereka untuk dijadikan sumber air bersih dan air minum. Hah kok bisaaaa? Yuk intip caranya dibawah ini;)

Teknik daur ulang air yang dilakukan Singapura disebut NEWater dan dioperasikan di bawah naungan Public Utilities Board (PUB) Singapura. Sistemnya yaitu air yang akan didaur ulang berasal dari air bekas pemakaian dikumpulkan melalui sistem pembuangan kotoran dan dibersihkan di pabrik reklamasi air. Singapura memiliki saluran air limbah dan air hujan yang terpisah. Saluran air limbah dari rumah tangga maupun industri sudah terhubung ke seluruh Singapura.

Dilansir dari laman resmi PUB, daur ulang air ini melalui tiga tahap utama. Pertama, penyaringan dengan menggunakan teknologi Microfiltration (MF). Air melewati lapisan membran yang dapat menyaring bakteri, virus dan protozoa. Kedua, proses Reverse Osmosis (RO), proses ini menggunakan lapisan membran yang sangat kecil sehingga yang dapat melakuinya hanya partikel air. Terakhir, Ultraviolet Disinfection yaitu tahap dimana air melalui cahaya ultrabolet untuk memastikan semua organisme inaktif dan kemurnian produk air terjamin. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan proses desinfeksi dan terakhir dihasilkanlah pure water H2O.

delwater Water-Reclamation-Process

 

Air dari pengolahan NEWater ini biasanya digunakan untuk industri yang memerlukan kualitas air yang lebih baik dari air minum dan juga sering dipakai untuk menjadi sistem pendingin gedung-gedung perkantoran. Kemudian karena air yang dihasilkan dari NEWater ini merupakan air murni H2O dan tidak mengandung mineral apapun, maka untuk dijadikan air minum harus disalurkan ke reservoir-reservoir untuk kemudian dilakukan pengolahan lebih lanjut sehingga bisa disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

NEWater saat ini sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan air di Singapura dan juga telah merancang skema untuk melepas ketergantungan terhadap impor air dari Johor. Dengan rencana tersebut diharapkan akan memenuhi 55% kebutuhan air di tahun 2060.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five − = 1