TEBAS DOSA (Tebar Sayang Donor Ganesha)

Tebas Dosamu dengan Setetes Darahmu!


Tebas Dosa merupakan program pengabdian masyarakat yang berada dibawah beberapa himpunan mahasiswa di ITB. Tebas Dosa diadakan sebagai bentuk kolaborasi kami, yaitu HMS, HMP, IMG, IMA-G, dan juga HMTL sebagai pemrakarsa, untuk menggerakan rasa kemanusiaan warga kampus dan mewadahi keinginan warga kampus untuk membantu sesama. Sesuai dengan nama acara kami yaitu Tebas Dosa, Tebar Sayang Donor Ganesha, yang dalam hal ini adalah dengan menebar sayang kami di panti jompo (pre-event) dan donor darah di kampus tercinta (main event)

International Day of Charity yang diperingati setiap tanggal 5 September menjadi momentum baik untuk berbuat kebaikan.


PRE EVENT: TEBAS DOSA GOES TO PANTI JOMPO

Keberadaan panti jompo khususnya di Bandung, kurang menjadi perhatian di masyarakat. Kami merasa resah, ingin sekedar menanyakan kabar atau beramah tamah dengan kakek-nenek, oma-opa di sana. Kami ingin memberikan sedikit kasih sayang, mendengarkan cerita, memberikan cerita, dan menyenangkan hati mereka. Dari beberapa survey yang dilakukan akhirnya kami menentukan Panti Jompo Tresna Elderly Social Institution Mother Care sebagai destinasi kami.

10 September 2017

Pagi-pagi peserta sudah berkumpul di kampus ITB Ganesha untuk briefing, kemudian kami berangkat ke panti bersama-sama. Di sana peserta sudah disambut oleh oma-opa di ruang tengah. Dimulai dengan pembukaan serta sambutan dari ketua pelaksana serta perwakilan dari panti. Di sana, seluruh peserta senam pagi, bermain games, dan bernyanyi bersama-sama oma-opa serta pengurus disana. Ada yang pandai bernyanyi, berjoget, bahkan ada yang usil juga. Semuanya senang sekali! Sesi terakhir acara adalah sharing, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk mengobrol dan mengenal lebih dalam oma-opa disana. Ada yang menceritakan bisnis kulinernya yang amat sukses, ada yang amat pandai memberikan petuah-petuah di usianya yang sudah senja, ada yang menceritakan kisahnya ketika jaman penjajahan dulu pandai banget berbicara bahasa belanda, ada yang minta dipijat, ada yang kelelahan ingin tidur, ada yang ketika sharing diberi kejutan oleh keluarganya (biarpun beliau sempat lupa sejenak), ada yang senang sekali menerima bingkisan terutama minyak kayu putih dari peserta.

“Nenek seneng sekali dapet minyak kayu putih ini nenek tidak punya… Nanti kesini lagi yaa bawa teh melati”

SIAP nek jika ada kesempatan kami akan berkunjung lagi!

Masing-masing dari peserta mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda namun sama berharganya. Semoga kakek-nenek, oma-opa senantiasa diberikan kesehatan dan dilimpahkan kebahagiaan ya..

Aamiin

Artikel8-1

Artikel8-2

Artikel8-3

Artikel8-4


MAIN EVENT: TEBAS DOSA DONOR GANESHA!

Didukung dengan fakta-fakta yang ada bahwa persediaan darah di Indonesia sendiri belum cukup tersedia. Sehingga dengan ini diharapkan kami dapat membantu kinerja PMI dalam rangka mengumpulkan kantung demi kantung darah sehingga dapat dimanfaatkan demi menyelamatkan jiwa manusia. Pada kesempatan kali ini kami bekerja sama dengan PMI Sumedang.

15 September 2017

Sekitar pukul 12.30 peserta beserta PMI sedang melakukan persiapan donor darah di Labtek V. Sebelum gate dibuka, sudah ada beberapa orang yang datang dan mendaftarkan diri, diikuti oleh calon-calon pendonor lainnya. Apresiasi sebesar-besarnya untuk antusiasme calon-calon pendonor! Meskipun harus menunggu antrian yang cukup panjang namun mereka tetap menunggu dengan sabar. Pada pukul 16.15 WIB dengan berat hati pendaftaran harus ditutup karena 100 buah labu penampung darah sudah hampir habis. Raut wajah kecewa calon-calon pendonor yang terpaksa harus ditolak di meja registrasi menjadi bukti ketulusan hati mereka. Ucapan maaf dan terima kasih sebesar-besarnya bagi seluruh pendonor yang baik hatinya <3

Artikel8-5

Artikel8-6

Artikel8-7

“No act of kindness, no matter how small, is ever wasted.”

 

With Love, Cepat Tanggap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× two = 6