Environmental Talks 2017: Universal Akses 100-0-100

Dengan adanya Sustainable Development Goals hingga tahun 2030 maka masyarakat dunia terutama Indonesia perlu meningkatkan kesadaran dan rasa kritis terhadap lingkungan. Hal ini perlu ditanamkan karena pada kenyataannya lingkungan sedang tidak baik-baik saja. Kemampuan berpikir terutama dari kalangan akademisi diharapkan menjadi pintu keluar dari seriusnya perkara lingkungan.

Oleh karena itu, Sabtu 18 November 2017 HMTL ITB telah mengadakan Diskusi Publik bertajuk Environmental Talks yang mengangkat tema Program Universal Akses 100-0-100. Program ini merupakan gagasan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Target dari RPJMN ini adalah terwujudnya 100% akses air minum, 0% permukiman kumuh, dan 100% akses sanitasi pada tahun 2019.

Artikel4-1

Environmental Talks merupakan final roadmap dari serangkaian program kerja Divisi Diskusi Kreatif HMTL ITB. Sebelumya, telah diadakan diskusi rutin internal membahas Program Universal Akses 100-0-100 selama 3 bulan berturut-turut. Acara dimoderatori oleh Tatwadhika Rangin Sidharta, S.T. (Ketua HMTL ITB 2016/2017). Adapun pemateri tema 100% Akses Air Minum adalah Ir. Muhammad Sundoro, M.Eng (Kementerian PUPR) yang diwakili oleh Bapak Fajar. Pemateri tema 0% Permukiman Kumuh adalah Dr. Iwan Kustiawan, S.T,M.T (Dosen Planologi ITB). Pemateri tema 100% Akses Sanitasi Layak adalah Dr. Ir. Tresna Dermawan Kunaefi (Dosen Teknik Lingkungan ITB).

Artikel4-2

Acara ini dihadiri oleh 124 mahasiswa dan umum baik dari dalam ITB maupun dari luar seperti Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Institut Teknologi Yogyakarta (ITY), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Telkom University.

Harapannya, dengan adanya Environmental Talks ini masyarakat umum lebih sadar tentang keberlangsungan program ini dan mendukung sepenuhnya. Selain itu masyarakat juga ikut mengawal dan selalu mengevaluasi agar di tahun 2019 target-target tersebut dapat tercapai. Tulisan berjudul Yakinkah 2019 Akan Tercapai Akses Universal? adalah hasil dari Diskusi Publik tersebut. Link materi dapat diunduh di http://bit.ly/materiEnvironmentalks .[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 6 = two