Kembang RW

s__7954473

         Kembang RW merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang berada di bawah Departemen Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITB. Berangkat dari keprihatinan akan masih banyaknya daerah pemukiman padat penduduk, terutama daerah ekonomi menengah, di Kota Bandung yang memiliki permasalahan lingkungan dan kesehatan lingkungan, HMTL ITB mencoba menghadirkan Kembang RW sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

    Lingkungan dan kesehatan adalah dua hal yang memiliki hubungan sangat erat sehingga keduanya akan memberikan efek satu sama lain. Melihat realita yang ada saat ini banyak daerah dengan kualitas lingkungan yang kurang baik meskipun telah disediakan teknologi serta fasilitas penunjang namun didapati masalah yang ada di masyarakat saat ini adalah gaya hidup dan kesadaran yang kurang terhadap kebersihan, kerapian, dan kelestarian lingkungan sekitar.

       HMTL melalui kegiatan ini menyasar partisipasi aktif masyarakat agar ikut memiliki andil rangkaian kegiatan. Metode yang akan digunakan antara lain sosialisasi interaktif untuk mengedukasi pentingnya gaya hidup sehat dan kegiatan diskusi dalam penentuan kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan masyarakat. Pengambilan keputusan bersama ini dilakukan dengan harapan keputusan yang diambil adalah kebutuhan yang memang dirasa perlu oleh masyarakat dan dapat menimbulkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab pada diri masyarakat.

       Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan pada masyarakat skala Rukun Warga (RW) karena dirasa di daerah perkotaan yang padat penduduk dengan keadaan ekonomi menengah, peran RW masih berjalan dengan baik. Maka pendekatan dengan perangkat RW pun akan  memberikan dampak yang lebih besar dan terstruktur dibandingkan kegiatan yang dilakukan soliter hanya oleh HMTL ITB.

      Selain itu dengan melibatkan petugas RW akan lebih banyak pemangku kepentingan yang ikut berkontribusi maka hal yang setuju untuk dilakukan adalah keputusan bersama yang meningkatkan kemungkinan keberjalanan kegiatan yang sustainable dan masyarakat mandiri yang menjadi tujuan jangka panjang kegiatan ini.

s__7954474

s__7954475

s__7954476

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine − = 8