Rain Garden, Inovasi Baru Resapan Air

Bandung, 16 Agustus 2016 | 18.45 WIB

IMG_1461

Departemen Keprofesian HMTL ITB mempersembahkan suatu kegiatan berupa pengenalan lingkungan sejak dini ke Siswa Menengah Pertama melalui berkebun dengan sistem rain garden. Bertempat di SMPN 15 Bandung telah dilakukan penyuluhan pada 7 Mei 2016. Kemudian pada hari Sabtu, 13 Agustus kemarin menindaklanjuti penyuluhan yang telah dilakukan mulailah dibangun rain garden.

Hai Readers… Apakah kalian tahu rain garden itu? Selama acara pembangunan rain garden kami juga bertanya pada adik-adik apakah masih ingat tentang rain garden yang disampaikan pada penyuluhan 7 Mei 2016. Hasilnya adik-adik hanya mengetahui rain garden adalah taman hujan.

Rain garden adalah suatu taman yang bertujuan untuk mengurangi genangan air, dapat digunakan sebagai sumber air lagi, karena rain garden disusun dengan ruang sirkulasi untuk menangkap air hujan dan menggunakannya kembali. Rain garden merupakan suatu cara untuk mengatasi resapan-respan yang saat ini mulai sedikit akibat banyaknya pembangunan. Pada rain garden penggunaan tanah diganti dengan media untuk mempermudah sirkulasi. Kerikil merupakan komponen media yang diletakkan pada bagian dasar sebagai pondasi. Kemudian ada pasi malang, pasi ini berwarna hitam, merupakan pasir aktif yang memiliki sifat porositas lebih baik dari pasir biasanya. Lapisan teratas terdiri dari tanah dan kompos.

rain garden

S__288292914

Nah gimana, habis baca artikel ini apakah kalian tertarik buat bikin rain garden? Atau tertarik buat bikin inovasi baru yang bermanfaat? Itu hanya sedikit ilmu yang bisa kami share ke adik-adik SMPN 15 Bandung, semoga bemanfaat ya. Oya Readers, jika kalian punya inovasi-inovasi baru cobalah share ke orang sekitar terutama anak-anak sejak dini supaya mereka mencintai lingkungan dimulai dari seakrang. There are a million way to save environment. Think big and act now !!!…

See ou on the next project.. Thanks for reading 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


2 × three =