Tanggap Bencana Bersama Let’s ACT Indonesia dan USARU

SOSMAS peduli dan tanggap bencana

Bandung, 16 April 2015 | 10.30 WIB

 

Hari Sabtu yang cerah kemarin kita kedatangan tamu nih dari ACT Indonesia dan USARU.

Apa itu ACT Indonesia? ACT Indonesia adalah kepanjangan dari Aksi Cepat Tanggap Indonesia.

as

Kayak apa sih aksi cepat tanggap itu? Pak Adi Aurdiansyah selaku Kepala Cabang ACT Bandung menjelaskan tentang kegiatan ACT. ACT berisi kegiatan cepat tanggap dalam menangani bencana yang sedang melanda Nusantara. Saat ini kesibukkan ACT region Bandung adalah menangani bencana banjir di Kabupaten Bandung. Sebenarnya apa saja sih visi ACT itu? Let’s ACT Indonesia memiliki tiga visi yaitu humanity, philanthropy, dan volunteerism. Dalam bahasa Indonesia bisa dikatakan lembaga kemanusiaan global profesional, berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global.

Kegiatan ACT Indonesia diantaranya:a

Disaster and Social Mitigation

b

Disaster Emergency and Relief Management (DERM)

c

Disaster Recovery Program (DRP)

d

Global Humanity Response

e

Social Development Program

Let’s ACT Indonesia ini juga menerima relawan dan donasi dari masyarakat.f

Bagi kalian yang berminat untuk menjadi relawan ataupun donatur, silahkan

kunjungi link ini ya : http://act.id/id/home


g

Selanjutnya ada dari USARU yaitu Unit Search and Rescue UNPAD yang sudah berdiri sejak tahun 1988. USARU punya salam unik lho guys. Gini nih salamnya “AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM” artinya selamatkanlah alam semesta.

Sebelumnya kita dapat penyuluhan dari ACT Indonesia sekarang dari USARU. Sebenernya apa sih pentingnya tanggap bencana itu?

h

Menurut Kak Ali Zahid Habibullah pentingnya tanggap bencana adalah menyiapkan mental dan fisik kita dengan kondisi jika sewaktu-waktu terjadi bencana, misalnya apa saja yang harus kita lakukan? Safety first gimana? Cara menyelamatkan diri sendiri gimana? Teknik menyelamatkan orang lain gimana? USARU ini aktif dan sangat berpengalaman dalam misi penyelamatan korban bencana alam. Dibalik kegiatan aktifnya tersebut, ada prinsip yang dipegang erat USARU yaitu “Tolonglah dirimu sendiri dulu, baru tolong orang lain”. USARU akan mengedepankan keselamatan pribadi dan anggotanya dahulu, baru mereka memilih menyelamatkan korban.

Buat kalian mahasiswa UNPAD yang minat ikut USARU harus lolos diklat keanggotaan USARU. Diklat tersebut melatih anggota USARU untuk mempertahankan diri di tempat yang tidak nyaman.

Pada tanggal 15 April 2016, USARU turut andil dalam penyelamatan korban banjir di Cicalengka.

i

Buat kalian mahasiswa UNPAD yang ingin join USARU UNPAD atau kalian yang ingin menjadi donatur di USARU UNPAD bisa kepoin twitter USARU UNPAD di @SARUnpad.

 

Gimana udah siap ngadepin bencana belum? Atau mungkin setelah baca ini pada minat daftar relawan atau mungkin jadi donatur? Whatever your choice make sure it’s the best! Makasih untuk SOSMAS. See you in next workshop, kira-kira ada apa ya? Makanya stay tune terus ya. Selamat membaca.

409731

Penyerahan souvenir kepada Pak Adi Aurdiansyah oleh M. Naufan D.

409738

Penyerahan souvenir kepada Kak Ali Zahid H. oleh M. Naufan D.

409745

Foto bersama 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + 8 =