Pelatihan Layouting MEDKOMINFO

Seberapa Pentingsih Layouting?

Bandung 23 April 2016 | 10.30 WIB

 

Seperti Sabtu-Sabtu sebelumnya, Sabtu ini kita kedatangan tamu yang kece abis yaitu Kak Anas Zakaria dari Rekayasa Hayati 2012, pernah menjabat di Divisi Artistik OSKM juga dan Kak Johan dari MEDKOMINFO HMTL ITB.

layouting1

Kak Anas ngasih tips nih buat kita tentang “Artistik
pada Majalah”. Kenapa sih majalah butuh artistik? Gimana kalau majalah cuman konten tulisan aja? Bosen nggak? Minat baca nggak? Itulah alasan kenapa artistik dibutuhin di majalah. Menurut Kak Anas majalah itu suatu produk media berupa tulisan yang butuh suatu keindahan yang harus bisa menarik minat pembaca. Komponen yang harus dimiliki majalah diantaranya:

  • Menyampaikan persaan melalui visual
  • Membangun komunikasi
  • Menarik perhatian
  • Membuat kenyamanan pembaca

Lalu apa ajasih elemen artistik itu? Elemen artistik ada

layouting 2

  1. Warna, memberikan kesan tertentu terhadap suatu hal. Memberi suasana berbeda ke yang melihatnya. Warna punya asosiasi terhadap suatu hal. Misal warna hijau untuk ceria, glamour misteri warna ungu.
  2. Tipografi merupakan jenis font. Setiap majalah punya karakteristik tersendiri “ciri khas/master”
  3. Ilustrasi atau foto atau ilustrasi gambar atau infografis, digunakan untuk membantu menyampaikan isi berita. Ingat pepatah ini “A picture is worth a thousand words”? Pasti pada setuju gambar lebih diperhatikan daripada kontennya. Lalu gimana nih cara memaksimalkan peran foto? Layouter harus pinter milih-milih cara ngecrop foto, mengambil foto dari sudut yang menarik pembaca, dan mengolah gambar dari fotografer.
  4. Layout atau tata letak

 

layouting 3

 

Konten dibagi dalam beberapa column, kenapa harus dibagi? Karena pembaca memiliki kemampuan membaca dalam cangkupan area display yang tidak terlalu luas, sehingga penggunaaan column solusinya.  Pemilihan font juga penting, pembaca cenderung tidak lelah ketika membaca dengan font Trebuchet MS. Jika konten padat isi maka naskah bisa dibuat menimpa foto, sedangkan jika kontennya sedikit diakali dengan foto berukuran besar.

Elemen layout terdiri dari:

  1. master: merupakan benang merah majalah dari awal hingga akhir, identitas, dan ciri khas.
  2. cover: merupakam impresi pertama pembaca, cover menggambarkan berita utama. Jenis cover ada foto ilustrasi, tipografi, dan gabungan keduanya. Proses pembuatan cover adalah konten, lalu olah kemudian muncullah ide. Proses olah merupakan penggalian memory kita untuk ide tesebut.
  3. Isi

layouting2

Dari Kak Johan ngasih pelatihan dan tips tutorial photoshop. Penasaran hasil tutorial photoshopnya? Tanya ke yang dateng ya haha… See you in next workshop. Terima Kasih dari MEDKOMINFO. Selamat Membaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − = six