Proyek-Proyek HMTL

Proyek XL – HMTL

Waktu pelaksanaan: 2 April – 3 Mei 2015

Deskripsi keberjalanan kegiatan:

Penawaran proyek dari kepengurusan tahun lalu kemudian diserahkan ke kepengurusan 2015/2016. Disetujui oleh HMTL tanggal 2 April 2015 dengan kesepakatan pembentukan tim sebelum adanya MoU karena pihak XL meminta survey langsung pada pertengahan April. Tim terbentuk dengan jumlah kurang lebih 50 orang dengan tugas untuk menginventarisasi emisi gas rumah kaca pada dua daerah yang telah ditentukan oleh pihak XL (Garut dan Pangandaran). Pihak XL telah mengirimkan data awal berupa kondisi eksisting dan pihak HMTL telah meneliti metode inventarisasi emisi. Minggu berikutnya, pihak XL tidak dapat dihubungi hingga 1 bulan dari tanggal persetujuan proyek. Oleh karena itu, pihak HMTL memutuskan untuk tidak melanjutkan proyek ini lagi.

 

Proyek Waduk Sepat – HMTL

Waktu pelaksanaan: 7 Mei 2015 – Sekarang

Deskripsi keberjalanan kegiatan:

Penawaran proyek oleh Bapak Dian, perwakilan dari Laskar Pembela Bumi Pertiwi (LPBP) Surabaya. Proyek yang ditawarkan berupa analisis pengaruh perubahan tata guna lahan terhadap limpasan air hujan. Oleh karena itu, divisi proyek bekerja sama dengan divisi riset dan proyek riset ini dipimpin oleh Julivius Prawira (TL ’13). Divisi proyek hanya bertugas untuk melakukan follow up terhadap tim riset maupun pihak LPBP. Tim riset terdiri dari 12 massa HMTL yang bertugas untuk bersama-sama membuat laporan analisis. Hambatan proyek adalah tidak adanya timeline yang jelas untuk penyelesaian riset karena data sekunder dikirimkan secara tidak tentu oleh pihak LPBP. Pada saat ini, laporan masih dalam proses analisis.

 

 

Proyek Rain Garden – HMTL

Waktu pelaksanaan: 21 September – Sekarang

Deskripsi keberjalanan kegiatan:

Penawaran proyek dari Ibu Yuniati kepada Ricky kemudian diserahkan ke Departemen Sosial Masyarakat karena menyangkut sosialisasi SPAH di sekolah-sekolah. Pada awalnya, Ibu Yuni hanya menargetkan massa yang berpartisipasi sebanyak 4-5 orang, namun terdapat sekitar 30 massa HMTL yang bersedia untuk mengikuti kegiatan tersebut. Oleh karena itu, proyek ini diberikan kepada Departemen Profesi. Briefing pertama diadakan pada tanggal 21 September 2015 oleh Ibu Yuni dan Kak Yuniki TL’11. Timeline untuk proyek adalah pada bulan Oktober hingga Desember, proyek akan dilanjutkan setelah masa UTS berakhir. Tujuan diadakannya proyek adalah untuk melakukan pencerdasan ke siswa-siswi SMP/SMA tentang bioretensi berupa rain garden dan pembuatan rain garden di sekolah-sekolah yang sudah ditentukan. Tim telah dibagi ke tiga kelompok dan hingga akhir Oktober bertugas untuk membahas materi dan metode pencerdasan yang akan dilakukan.

 

Proyek Composter HMM – HMTL

Waktu pelaksanaan: 23 September 2015 – Sekarang

Deskripsi keberjalanan kegiatan:

Penawaran proyek oleh Himpunan Mahasiswa Mesin melalui H-Corp HMTL untuk membuat composter skala kecil yang dikomersialisasi. MoU sudah diberikan kepada pihak HMM namun belum dirundingkan lebih lanjut. Konsultasi mengenai composter telah dilakukan dengan Ibu Tri Padmi dan Bapak Enri Damanhuri. Terdapat hambatan untuk menyesuaikan jadwal kegiatan dengan HMM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− two = 3