“Shade Balls” Penyelamat Air Los Angeles

shade balls 2

Air selalu menjadi masalah bagi Los Angeles (L.A.), California. Kota tersebut perlu memenuhi kebutuhan air bagi 4 juta jiwa yang tinggal di dalamnya. Kurang lebih 30% air di L.A. berasal dari bawah tanah, sisanya berasal dari air permukaan, dikumpulkan dari 10 basin di timur kota sepanjang Sungai Colorado. Usaha yang begitu besar untuk membawa air dari sungai ke kota akan runtuh seketika karena masalah evaporasi saat air tersebut disimpan. Dengan kenaikan temperature setiap beberapa tahun dan kelembapan relative yang menurun, evaporasi menjadi masalah yang sangat menantang bagi Los Angeles. Bahkan California diperkirakan kehilangan sekitar 63 miliar gallons air pada 2013 dan 2014 karena masalah evaporasi.

shade balls 3
Penyimpanan air tersebut dilakukan di dua reservoir yang dinamai Silver Lake dan Ivanhoe. Tahun 2007, L.A. Department of Water and Power menemukan kandungan Bromate di level yang cukup berbahaya dalam air di reservoir. Bromate diduga merupakan senyawa karsinogen dan merupakan senyawa yang tidak umum di dalam air. Kemungkinan Bromate tersebut ada di dalam air reservoir umumnya adanya kombinasi dari Bromida (yang secara alami terkandung dalam air tanah) dan ozon. Bromate juga dapat terbentuk ketika air diolah dengan chlorine dan sering terkena sinar matahari. Sebenarnya reservoir Ivanhoe telah dijadwalkan untuk ditutup dan diganti oleh fasilitas bawah tanah yang lebih besar yaitu Headworks reservoir. Namun fasilitas baru tersebut masih dalam tahap pembangunan dan California sedang megalami masa kekeringan yang terburuk sepanjang sejarah, sehingga reservoir yang lama masih digunakan untuk memenuhi suplai air bagi warganya. Dengan adanya masalah kekeringan, tingginya tingkat evaporasi air dan kandungan Bromate dalam air, muncullah ide untuk menggunakan Shade Balls.
Shade Balls atau dikenal juga dengan bird balls merupakan bola plastik berwarna hitam dan berukuran 4 inch. Bola ini terdiri atas polyethylene yang sebagian diisi air sehingga tidak mudah tertiup angin. Selain itu, bola ini dapat terurai dan dilapisi dengan UV blocking agent dengan masa hidup 25 tahun. Konsepnya sederhana. Bola-bola ini akan menutupi seluruh permukaan reservoir. Warna hitam pada bola memantulkan cahaya ultraviolet dan mematahkan proses pembentukan Bromate. Dibutuhkan sekitar 96 juta shade balls untuk menutupi seluruh permukaan reservoir Ivanhoe yang memiliki luas sekitar 175 acre.

shade balls
Bola hitam menjadi penyelamat suplai air di Los Angeles karena bola ini akan mendinginkan air, mengurangi evaporasi karena menutupi kemungkinan kontak air dengan matahari, mengurangi kerentanan terhadap algae dan pertumbuhan bakteri, serta menghambat reaksi kimia yang dapat menghasilkan substansi berbahaya. Dengan harga tiap bola 36 sen, total biaya yang dibutuhkan mencapai 34,5 juta dollar. Peralatan ini telah diuji coba konsepnya sejak tahun 2008 dan dilaporkan bahwa shade balls mampu mengurangi evaporasi sebesar 85 – 90 persen. Hal itu berarti menyelamatkan 300 juta gallons air per tahun yang cukup untuk air minum bagi 8100 orang di kota Los Angeles. Shade Balls ini diciptakan oleh Sydney Chase yang mendirikan perusahaan XavierC.

http://interestingengineering.com/shade-balls-used-to-conserve-water-in-california/
http://news.nationalgeographic.com/2015/08/150812-shade-balls-los-angeles-California-drought-water-environment/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× seven = 49