Yuk, Ikut Menabung di Bank Sampah!

Bukan cuma uang yang bisa ditabung, tapi sampah juga lho! Menabung sampah tentunya bisa dilakukan di bank sampah. Apa itu bank sampah? Bank sampah adalah sebuah sistem pengumpulan sampah yang memiliki metode mirip dengan bank dan saat ini dilakukan oleh lembaga non pemerintah atau LSM. Masyarakat dapat menabung sampah di bank sampah dan mendapatkan uang sebagai gantinya. Kita juga akan mendapatkan buku tabungan layaknya bank asli. Suatu saat, kita dapat mengambil uang yang sudah kita tabung. Seru kan?

Nah, saat ini HMTL telah memiliki bank sampah lho teman-teman! Launching bank sampah ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2015 kemarin. Pengadaan bank sampah ini juga telah melalui kajian dari massa HMTL pada bulan November yang lalu sampai akhirnya benar-benar direalisasikan sekarang. Untuk penyaluran informasi bank sampah HMTL ini juga telah mempunya official line yaitu Bang Sam. Selain itu ada pula page facebook dan instagramnya.

Tertarik ikut menabung? Bagaimana prosedurnya agar bisa ikut menabung di bank sampah ini? Jadi, untuk 2 minggu pertama ini bank sampah hanya diperuntukkan bagi massa HMTL dan pengumpulannya dilakukan per angkatan. Sampah yang dapat ditabung adalah kertas, kardus dan sejenisnya, botol dan cup plastik, kaleng dan botol kaca, tetrapack dan sachet. Untuk sekarang, sistemnya setalah ditabung nasabah dapat menghubungi panitia pengurus bank sampah melalui official line Bang Sam dengan foto sampahnya serta format teks #nama angkatan_jenis sampah_jumlah sampah. Lalu nanti akan dicatat dan dikalkulasikan ke sejumlah uang. Jangka pendek program bank sampah ini adalah bisa diterapkan di HMTL, sedangkan jangka panjangnya tentu saja bisa diterapkan untuk seluruh himpunan di ITB.

Selain kompetisi per angkatan tersebut, ada pula kompetisi individu. Bagaimana caranya? Yaitu, kunjungi bank sampah HMTL lalu foto segokil dan seheboh mungkin bersama bank sampah. Kemudian, share foto tersebut dengan mention page facebook BANK SAMPAH HMTL atau instagram @banksampahhmtl. Atau, kompetisi individu ini juga dapat berlaku untuk massa HMTL yang terbanyak menabung sampahnya.

Tertarik ikutan? Yuk, tunggu apa lagi, segera tabung sampahmu! Dari sampah menjadi uang? Hanya ada di bank sampah lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× one = 4