Eco Project 2015: Conserve Water Preserve Life

Setelah melakukan persiapan selama kurang lebih 6 bulan, akhirnya acara puncak Ecoproject berhasil digelar pada tanggal 24 Januari 2015. Ecoproject merupakan serangkaian acara yang berisi Desa Mitra, Paper Competition, Exhibition, dan Mini Seminar. Eco Project 2015 mengusung “Air Bersih dan Sanitasi” sebagai topik utama karena isu air, sumber daya air, dan pencemarannya sedang marak namun kesadaran akan pentingnya isu ini di dalam masyarakat masih rendah. Acara ini turut mendukung suksesnya program Kementrian Pekerjaan Umum, yaitu 100% masyarakat tersalurkan air bersih, 100% masyarakat terfasilitasi akses sanitasi yang layak, dan 0% daerah kumuh di Indonesia, yang ditargetkan akan dicapai pada tahun 2019.Desa Mitra diadakan pada tanggal 15-17 Januari 2015 di Desa Cimanggu. Sedangkan acara Paper Competition diadakan tanggal 23 dan 24 Januari 2015 bersamaan dengan Exhibition dan Mini Seminar.

Acara Mini Seminar yang diadakan di ruangan ALSI gedung teknik sipil ITB ini memiliki tema “Upaya Peningkatan Akses Air dan Sanitasi Indonesia”. Acara utama ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai kebijakan pemerintah terkait target peningkatan akses air minum dan sanitasi nasional serta memberikan gambaran mengenai upaya-upaya terapan yang dapat dilakukan oleh institusi berbasis komunitas atau masyarakat dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi nasional. Mini Seminar ini dibagi ke dalam 3 sesi, sesi pertama mengenai “Kebijakan Pemerintah dan Upaya Terkait Strategi Optimalisasi Pemanfaatan, Pemakaian, dan Penyediaan Sumber Daya Air” dengan pembicara Ir. Mochammad Natsir, M.Sc (Direktur Pengembangan Air Minum, Kementrian PU) dan dimoderatori oleh Ir. Yuniati Zevi, M.T., M.Sc., Ph.D. Sesi kedua mengenai “Kebijakan Pemerintah dan Inovasi Pengembangan Sistem Penyediaan Sanitasi” dengan pembicara Ir. Maliki Moersid, MC (Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Kementrian PU) dan Ir. Sri Bebassari M.SI (Ketua Indonesia Solid Waste Association) dengan Aranti Adriarani, S.T. sebagai moderator. Setelah mini seminar, acara dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion (FGD) di Aula Barat, temanya adalah Solusi Aplikatif Terhadap Penyediaan Air Minum dan Sanitasi. Peserta dari FGD ini merupakan mahasiswa Teknik Lingkungan dari berbagai universitas, diantaranya ITS, UI, UNAIR, UNPAS, Surya University, Trisakti, dan ITB.

Acara Paper Competition merupakan sebuah ajang lomba proyek untuk siswa/i SMA/MA/sederajat se-Indonesia yang memiliki fokus terhadap masalah air dan sanitasi serta solusinya terkait dengan bidang Teknik Lingkungan. 5 tim lolos yang ke babak semifinal adalah 2 tim dari SMK Mitra Industri, SMAK Bogor, SMAN 38 Jakarta, dan SMAN 6 Banjarmasin. Mereka kemudian diundang untuk mempresentasikan media interaktif pada tanggal 23 Januari 2015. 3 tim terbaik yang lolos dari babak semifinal akan presentasi di acara Mini Seminar Eco Project 2015 pada 24 Januari 2015 dimana pemenang akan diumumkan di akhiracara. Pada Paper Competition ini, SMAN 6 Banjarmasin berhasil menjadi juara dengan tema Teknologi Sederhana Penetralisir Air Asam Gambut di Kalimanta Selatan.

.Exhibition berisi pameran karya-karya mahasiswa Teknik Lingkungan ITB dan stakeholder terkait dengan mengangkat tema besar Air dan Sanitasi. Exhibition juga akan diisi dengan wahana dan sarana interaktif menarik lain yang bisa dikunjungi. Bertempat di Lapangan CC Timur acara ini diisi dengan beberapa instalasi misalnya peta bandung 3D, game where is my water, dan garden gate.  Ada pula stand stakeholder yaitu, IMTLI, Greeneration, dan UGREEN, dan yang tidak ketinggalan tentunya stand makanan. Tak lupa mengundang band dari himpunan dan unit kegiatan mahasiswa, yaitu Band dari HMT yaitu minecoustic, Band of Patra, dan Red Carpet dari unit Apres!

Acara ini ditutup dengan flashmob dari panitia dan juga sambutan dari ketua acara ECOPROJECT sendiri yaitu Ajeng Khrisnasari. Diharapkan acara ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus peduli terhadap lingkungan.  ECOPROJECT HMTL 2015 : Conserve Water Preserve Life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine − = 7