Hari Lahan Basah Sedunia

World Wetland Day (WWD) atau lebih dikenal sebagai Hari Lahan Basah Sedunia merupakan peringatan hari lingkungan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada pentingnya peran dan fungsi lahan basah. Hari Lahan Basah Sedunia ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 2 Februari.

Latar belakang diadakannya peringatan ini tidak lepas dari konvensi Ramsar yang berlangsung di Iran pada tanggal 2 Februari 1971. Konvensi dengan nama resmi The convention on Wetlands of International Importance especially as waterfowl Habitat ini mulai berlaku sejak 21 Desember 1975.

Konvensi Ramsar diadakan dengan tujuan untuk mendukung upaya konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara berkelanjutan. Hal ini didorong oleh penyusutan jumlah lahan basah dunia akibat dari  proses transformasi menjadi areal yang tidak semestinya. Dalam konvensi Ramsar, lahan basah dikenal sebagai daerah-daerah payau, paya, tanah gambut atau perairan, baik yang bersifat alami maupun buatan, tetap ataupun sementara, dengan perairannya yang tergenang ataupun mengalir, tawar, agak asin ataupun asin, termasuk daerah-daerah perairan laut yang kedalamannya tidak lebih dari enam meter pada waktu air surut.

Indonesia sendiri telah meratifikasi konvensi Ramsar melalui Keputusan Presiden RI No.48 tahun 1991. Dengan demikian, pemerintah patut memberikan komitmennya untuk melindungi dan mempromosikan lahan basah, sebagaimana yang tertuang dalam perjanjian tersebut.

 

Setiap tahunnya, hari lahan basah sedunia mempunyai tema yang berbeda-beda. Di tahun 2015 ini, Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day mengangkat tema “Wetlands for Our Future – Join us!”. Dengan tema ini masyarakat dunia diajak untuk mengenal dan meningkatkan kesadaran pentingnya lahan basah sehingga mampu mengelola, memanfaatkan, sekaligus melindungi lahan basah secara bijaksana. Karena, lahan basah memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, diantaranya adaah:

  • Sebagai pemasok air bersih
  • Menyaring air dari limbah berbahaya
  • Sebagai pusat keanekaragaman hayati
  • Peredam bencana alam
  • Sebagai sumber mata pencaharian

Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya manfaat lahan basah bagi kehidupan manusia, baik sekarang maupun di masa depan. Sehingga akan sulit membayangkan sebuah masa depan tanpa lahan basah. Wetlands for Our Future!

 

 

Sumber :

http://alamendah.org/2015/01/17/manfaat-lahan-basah-bagi-masa-depan-manusia/

http://alamendah.org/2015/01/15/tema-hari-lahan-basah-sedunia-world-wetlands-day-2015/

http://event.indonesiakreatif.net/events/hari-lahan-basah-sedunia-world-wetland-day-2015-02-02/

https://hifdziua.wordpress.com/tag/hari-lahan-basah/

http://www.timeanddate.com/holidays/world/world-wetlands-day

One thought on “Hari Lahan Basah Sedunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 × eight =