Ramah Lingkungan Menyambut Tahun Baru, Bisa Tuh!

Happy new year everyone! Nggak kerasa ya tahun 2014 akan segera berakhir, saatnya menyambut tahun yang baru. Sudah menjadi tradisi kalau momen-momen pergantian tahun selalu dirayakan dengan berbagai acara baik bersama keluarga maupun dengan teman-teman. Namun, terkadang perayaan menyambut pergantian tahun menyisakan jumlah sampah yang cukup banyak serta menimbulkan dampak-dampak lainnya yang berbahaya bagi lingkungan.

Nah, agar perayaan Tahun Baru kita tetap ramah lingkungan berikut tips yang dapat dilakukan:

  • Jangan lapar mata alias jangan belanja berlebihan.Kurangi belanja makanan kemasan dan jangan membeli produk styrofoam. Jika ingin mengadakan pesta tahun baru di rumah dan akan mendekorasi rumah agar terlihat lebih meriah, belilah bahan-bahan dekorasi yang bisa digunakan kembali atau di daur ulang, hindari menggunakan bahan-bahan yang hanya sekali pakai langsung buang. Dan, yang paling penting ketika berbelanja jangan lupa untuk membawa shopping bag sendiri sehingga mengurangi pemakaian kantung plastik.
  • Jika ingin merayakan tahun baru dengan bepergian, menggunakan angkutan umum menjadi alternatif yang baik seandainya daerah yang dituju masih memungkinkan. Namun jika kalian harus membawa kendaraan pribadi, pastikan jumlah penumpang yang dibawa sesuai dengan kapasitas angkut kendaraan. Ajak teman yang satu arah untuk bergabung dalam kendaraan sehingga cukup hanya satu atau dua kendaraan yang digunakan.
  • Gunakan peralatan makan yang reusable. Walaupun menggunakan piring, gelas, serta sendok garpu plastik terkesan lebih praktis karena sekali pakai langsung buang, tetapi hal tersebut jauh dari ramah lingkungan. Lebih baik gunakan piring atau gelas yang biasa kita pakai sehari-hari.
  • Sebisa mungkin jangan menyalakan kembang api secara berlebihan. Disamping memiliki efek kimia yang berbahaya, asap kembang api juga dapat mengganggu lingkungan hidup dan pernafasan. Akan lebih baik jika bahan tersebut dipergunakan pada tempatnya.
  • Acara memanggang biasa dilakukan sambil menunggu detik-detik pergantian tahun. Cobalah untuk mengurangi konsumsi daging pada acara pergantian tahun ini, ganti dengan jagung, ubi, atau pisang bakar. Karena industri ternak merupakan salah satu penyebab perubahan iklim. Perserikatan Bangsa Bangsa pada tahun 2006 melaporkan bahwa industri peternakan adalah penghasil emisi gas rumah kaca yang terbesar 18%, dan jumlah ini lebih banyak dari gabungan emisi gas rumah kaca seluruh transportasi di seluruh dunia 13%.
  • Terakhir, selesai acara jangan lupa kumpulkan semua sampah, jangan sampai berserakan di mana saja. Jangan lupa juga untuk memilah sampah-sampah tersebut sesuai dengan jenisnya.

 

Nah, jangan lupa ya tips-tips di atas diterapkan dalam perayaan tahun baru kalian. Let’s keep our environment save and healthy! Happy new year guys, welcome 2015!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − four =