10 Fakta tentang Pohon

Tahukah kamu, tanggal 21 November kemarin kita memperingati hari pohon sedunia? Ya, hari tersebut seharusnya mengingatkan kita akan pentingnya peran pohon dan tumbuhan di muka bumi ini. Ironisnya, jumlah pohon malah semakin berkurang seiring dengan maraknya pembangunan, terutama di daerah perkotaan. Padahal, fungsi pohon sangat penting untuk menyerap gas CO2 maupun gas beracun lainnya di udara. Selain itu, keberadaan pohon mampu menghasilkan oksigen yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi.

Untuk mengingatkan kita akan pentingnya peran pohon berikut merupakan fakta-fakta menarik mengenai pohon di muka bumi (dikutip dari http://2013.indonesiamenanam.com/) :

1. Sebuah pohon ukuran rata-rata menghasilkan cukup oksigen dalam satu tahun untuk menjaga keluarga beranggotakan empat orang untuk bernapas dengan nyaman.

2. Tiga pohon yang ditanam di tempat yang tepat di sekitar bangunan dapat menghemat biaya AC sampai 50 persen.Pohon meningkatkan nilai properti. Rumah dikelilingi oleh pohon bisa terjual 18-25 persen lebih tinggi dari rumah tanpa pepohonan.

3. Pohon menghasilkan pekerjaan dan memberi kontribusi bahan baku untuk bangunan, surat kabar, buku dan lebih dari 15.000 produk hutan lainnya. Pohon dapat diperbaharui, dapat terurai secara biologi dan dapat didaur ulang. Kayu bisa diolah lebih lanjut menjadi produk seperti vitamin, plastik, rasa vanila, film fotografi, pasta gigi dan obat-obatan.

4. Dengan penanaman 20.000.000 pohon, akan tersedia 260.000.000 ton lebih oksigen bagi bumi dan penduduknya. Pohon sebanyak itu akan menghapus 10 juta ton CO2.

5. Pohon menyediakan tempat berlindung dan makanan bagi satwa liar seperti burung, tupai, dan serangga. Pohon-pohon berukuran pendek menyediakan makanan dan pelindung untuk mamalia yang lebih besar, seperti musang dan rusa.

6. Pohon membuat orang merasa lebih baik. Pekerja lebih produktif ketika mereka melihat pohon-pohon di sepanjang rute perjalanan mereka dan dari jendela kantor mereka.

7. Pasien di Rumah Sakit yang memiliki pemandangan pohon akan lebih cepat sembuh, menggunakan obat nyeri lebih sedikit, dan meninggalkan rumah sakit lebih cepat dibandingkan pasien dengan pemandangan dinding bata.

8. Pasien dengan pemandangan pohon menghabiskan hari 8 persen lebih sedikit di rumah sakit.Konsumen bersedia untuk menghabiskan lebih banyak uang di komplek perbelanjaan yang terdapat banyak pohon.

9. Mereka bersedia membayar lebih untuk produk yang dibeli di sebuah komplek perbelanjaan dengan pepohonan. Mereka pembeli yang sama juga mengatakan mereka bersedia untuk tinggal lebih lama di sebuah komplek perbelanjaan dengan pepohonan.

10. Pohon yang berada di lingkungan kita akan membuat kita santai, denyut jantung yang lebih rendah, dan mengurangi stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five × = 35