Pelatihan Fotografi dan Videografi HMTL

Hari Sabtu, (8/11/14) Departemen Media Komunikasi dan Informasi HMTL mengadakan pelatihan fotografi dan videografi bagi semua massa himpunan. Acara yang berlangsung dari pukul 09.00-12.00 ini diadakan di ruang 9008 dan menghadirkan 3 pemateri dari LFM (Liga Film Mahasiswa) ITB, yaitu Hans Christian, Khalil Ambiya, dan Sandhya Nugra.

Acara pelatihan ini dibagi ke dalam 2 sesi, yaitu sesi pemberian materi dan sesi praktik. Pada sesi kesatu, materi pertama disampaikan oleh Hans Christian, yaitu mengenai teknik-teknik dasar fotografi. Hans juga menyampaikan tentang bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di kamera agar mendapat hasil yang bagus saat memotret. Misalnya bagaimana cara mengatur shutter speed atau pengaturan kecepatan buka dan tutup pada jendela kamera serta bagaimana mengatur ISO atau tingkat kesensitifan sensor pada kamera.

Materi kedua mengenai teknik-teknik mengedit video disampaikan oleh Khalil Ambiya. Khalil menyampaikan mengenai bagaimana membedakan kualitas video yang baik dan yang buruk, serta pentingnya men-setting kamera atau alat perekam lainnya sebelum merekam suatu moment, misalnya dengan mengatur ISO. Tujuannya adalah agar didapat video dengan kualitas yang baik. Semakin baik kualitas suatu video akan semakin mudah pula dalam proses pengeditannya. Selain itu, Khalil juga menyampaikan bagaimana cara-cara sederhana mengedit video dengan menggunakan software Adobe Premier Pro.

Materi terakhir disampaikan oleh Sandhya Nugra mengenai dokumentasi sosial. Sandhya mengajarkan bagaimana cara-cara mendokumentasikan sebuah kegiatan. Fotografer sebaiknya mengetahui secara pasti rangkaian acara yang akan ia dokumentasikan agar tidak terlewat untuk memotret moment-moment penting di acara tersebut.

Setelah penyampaian materi selesai, acara dilanjutkan ke sesi 2, yaitu praktik. Peserta diberi waktu sekitar 20 menit untuk memotret dan memvideo acara yang sedang berlangsung di kampus. Kemudian, foto-foto dan video tersebut dievaluasi apa kekurangan dan kelebihannya. Khusus untuk video, Khalil mencontohkan cara mengedit video dengan software Adobe Premier Pro menggunakan video-video yang telah diambil peserta saat sesi 2 sebagai bahannya.

Acara kemudian ditutup dengan pemberian sertifikan kepada ketiga pemateri. Secara keseluruhan acara berlangsung secara menarik dan tentunya memberikan banyak pengetahuan baru seputar dunia fotografi dan videografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× one = 2