Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Kampus

Welcome back to campus!! Setelah sekitar 3 bulan liburan, sudah saatnya untuk kembali beraktivitas di kampus. Mungkin, di awal kuliah banyak yang masih ingin liburan, malas bangun pagi, malas untuk mulai mengerjakan tugas. Supaya lebih semangat, nih ada tips-tips mengenai gaya hidup ramah lingkungan di kampus. Sekarang sudah banyak lho kampanye-kampanye maupun program-program yang bertujuan untuk membudayakan gaya hidup ramah lingkungan. Yuk, disimak tips-tipsnya:

  • Menggunakan botol air minum reusable

Berkegiatan di kampus selama hampir seharian membuat tubuh lelah. Kita tentu memerlukan air minum supaya terhindar dari dehidrasi, apalagi jika cuaca sedang panas. Daripada membeli air minum botol/gelas kemasan, lebih baik kita membawa air minum sendiri dalam botol reusable sehingga dapat membantu mengurangi sampah air minum kemasan.

  • Menggunakan reusable bag

Menggunakan reusable bag menjadi solusi yang baik untuk menghindari pemakaian kantung plastik saat jajan di kantin. Selain dapat mengurangi timbulan sampah plastik, juga terlihat lebih menarik dibanding dengan menenteng kantung plastik yang berwarna hitam.

  • Berjalan kaki/bersepeda ke kampus.

Tips ini khususnya untuk mahasiswa yang jarak tempat tinggalnya dekat ke kampus. Dengan berjalan kaki dapat mengurangi pemakaian kendaraan bermotor sehingga secara tidak langsung juga mengurangi konsumsi BBM. Daripada berdesak-desakan di angkutan umum, apalagi berebut naik angkutan umum jika kebetulan sedang kuliah pagi, lebih enak berjalan kaki atau bersepeda. Selain bisa sekalian olah raga, juga jika berangkat agak pagi dapat sekaligus menikmati sejuknya udara Bandung di pagi hari.

  • Memanfaatkan gadget untuk mencatat

Untuk menghemat kertas, kita bisa memanfaatkan laptop/tab/smartphone untuk membuat catatan di kelas. Hal ini juga akan membantu kita untuk mengatur catatan dibandingkan jika menulis di buku catatan. Atau kita juga bisa memanfaatkan kertas reuse untuk membuat catatan.

  • Memanfaatkan e-mail

Untuk mengurangi kertas juga, kita dapat meminta dosen untuk menerima tugas melalui e-mail. Sehingga, kita tidak perlu mencetak/menge-print lembar tugas kita.

  • Hemat air

Kampus cenderung menggunakan sejumlah besar air. Tidak heran, jumlah tagihan pembayaran air setiap bulannya mencapai ratusan juta rupiah. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan air di kampus misalnya dengan menutup keran air di wastafel/kamar mandi jika telah digunakan. Karena, terkadang ada beberapa keran air di kamar mandi yang lupa dimatikan, sehingga airnya terbuang percuma.

  • Memilah sampah

Jangan lupa juga untuk memilah sampah sesuai jenisnya, jangan asal buang saja. Apalagi, jika di fakultas kita sudah disediakan beberapa jenis tempat sampah.

  • Go green di kost/tempat tinggal kita

Terapkan juga gaya hidup ramah lingkungan di kost-an kita. Misalnya dengan mencabut charger yang tidak dipakai, menggunakan furniture yang ramah lingkungan, menghemat penggunaan air, ataupun menghindari penggunaan AC.

 

Sebagai seorang mahasiswa perlu ditumbuhkan rasa tanggung jawab sosial untuk mempertahankan hidup ramah lingkungan yang kemudian akan diturunkan dari generasi ke generasi untuk menyelamatkan Bumi kita.

Yuk, mulai semester baru dengan gaya hidup yang baru, gaya hidup ramah lingkungan!

 

Sumber : http://www.thenewecologist.com/2014/07/best-eco-friendly-tips-for-college-student/

 

Sumber gambar: http://blogs.itb.ac.id/rahard/2011/07/12/bike-at-campus/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 1 =