Wisnite & Wisday Juli 2014

Wisnite HMTL  

Gelaran wisnite HMTL pada Jumat, 11 Juli 2014 yang lalu diadakan di Gedung Aula Timur ITB. Kali ini tema yang diambil adalah Minangkabau, dengan situasi seolah-olah sedang berada di kapal Van Der Wijck, yaitu kapal yang diceritakan dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan nama Hamka.

Untuk menunjang tema tersebut, para panitia, wisudawan, dan massa HMTL menggunakan pakaian bernuansa nautical style dengan motif garis-garis atau warna biru namun tetap dengan nuansa formal. Selain itu juga ada beberapa panitia yang merupakan performer yang mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Opening ceremony dimulai pukul 18.00. Acara wisnite sendiri dipandu oleh 2 MC, yaitu Ivy Febrianti Putri dan Akbar Syahid Rabbani. Seperti biasanya, setelah opening ceremony, acara wisnite disambung oleh sambutan-sambutan dari ketua wisuda, ketua himpunan HMTL ITB, perwakilan wisudawan, dan juga kaprodi. Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan makan malam. Selama waktu makan malam, untuk memberikan hiburan, ada beberapa penampilan live music baik dari panitia, massa HMTL, maupun alumni.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan speech wisudawan. Jumlah wisudawan pada wisuda Juli ini berjumlah 22 orang, dengan 11 orang wisudawan angkatan 2010, 9 orang wisudawan angkatan 2009, dan 2 wisudawan angkatan 2008. Lalu, ada pula pemberian award kepada lima wisudawan yaitu Muchtazar, Denisa Diviana, Desy Natalia Malik, Rafida Mustika Wulandari, dan Nanda Sakina.

Ada pula persembahan dari HMTL angkatan 2009 dan 2010 untuk teman-teman angkatannya yang diwisuda, mereka menampilkan video bagi para wisudawan dan juga menyanyikan lagu. Acara wisnite berakhir sekitar pukul 22.30 dengan salam dari performer yang mengenakan kostum adat Minangkabau.

Wisuda HMTL

Satu hari setelah wisnite, hari puncak yaitu pelaksanaan wisuda telah menanti. Pada hari itu, Sabtu (12/07/2014), ke-22 wisudawan HMTL dari angkatan 2010. 2009, dan 2008 resmi melepas status mahasiswa dan status keanggotaannya di HMTL. Akhirnya, status sarjana pun resmi disandang.

Arak-arakan HMTL baru dimulai sekitar pukul 14.30. Masih dengan tema Minangkabau, barisan paling depan arak-arakan diisi oleh para panitia yang mengenakan baju adat Minang dan membawa tiruan dari kapal Van Der Wijkc. Sepanjang arak-arakan, yel-yel terus dinyanyikan oleh massa HMTL dan wisudawan dengan semangat. Puasa pun tidak menjadi halangan. Namun, sayangnya ditengah arak-arakan hujan mulai turun dengan cukup deras, sehingga arak-arakan dihentikan sejenak.

Sesuai dengan temanya, yaitu Minangkabau, penampilan dari massa HMTL diawali dengan penampilan dari keempat penari berbaju hitam, lalu dilanjutkan dengan tarian daerah dari Minangkabau, setelahnya ada teatrikal yang menampilkan adegan di kapal Van Der Wijck.

Acara wisday dilanjutkan di GKU Timur. Disana dilaksanakan prosesi pelepasan para wisudawan oleh ketua himpunan HMTL. Wisudawan memberikan gemuruh terakhirnya. Lalu, para wisudawan bersalam-salaman dengan semua massa HMTL. Secara keseluruhan, acara berlangsung dengan cukup meriah. Selamat untuk para wisudawan! Congratulation, you’re the champion, you’re the best!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 − four =