Go Green through Green Travel

Libur telah tiba..

Libur telah tiba..

Hore      Hore      Hore   Hore  !!!

Potongan kata-kata  di atas merupakan cuplikan sebuah  lagu anak-anak yang berisi kegembiraan saat liburan tiba.  Ya, itulah perasaan yang mungkin sedang kita rasakan karena  saat ini musim libur telah tiba.  😀

Liburan sangat identik dengan travelling. Travelling merupakan kegiatan jalan-jalan atau melancong ke suatu tempat sehingga sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun, travelling yang dilakukan seringkali tidak diimbangi dengan penjagaan lingkungan sekitar obyek yang dikunjungi. Salah satu contoh yang sering terlihat di banyak obyek wisata yaitu sampah yang berserakan dimana-mana. Tidak jarang pada suatu obyek wisata, para pengunjung akan membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan obyek terlihat kumuh dan kotor. Sampah yang ada pun banyak yang berbahan plastik seperti botol maupun kemasa makanan. Tentu hal ini sangat merusak pemandangan dan kurang ramah lingkungan. Oleh karena hal tersebut, saat ini muncullah  sebuah gerakan sebagai reaksi sadarnya masyarakat akan  pentingnya menjaga lingkungan.  Gerakan ini dinamakan “Go Green” . Nah, dalam hal travelling, gaya hidup Go Green juga ada dan biasa disebut dengan  “Green Travel”.

Green Travel banyak diartikan sebagai kegiatan jalan-jalan ke alam bebas seperti mengunjungi hutan , cagar alam , gunung dan pantai. Namun, konsep yang benar mengenai Green Travel yaitu lebih menekankan kapada perilaku kita sebagai traveller sesampainya di obyek yang dituju. Bagi para pembaca yang suka travelling , di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melaksanakan Green Travel dan menjadi traveller ramah lingkungan .

  • Berhemat Kertas

Menghemat kertas merupakan salah satu perilaku ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan, dengan menghemat kertas jumlah pohon yang ditebang sebagai bahan dasar pembuat kertas juga dapat diminimalisasi. Jika para pembaca ingin travelling ke suatu tempat wisata dengan pemesanan tiket melalui booking online, hindarilah untuk mencetak tiket tersebut. Catatlah detail tiket termasuk kode booking di buku catatan maupun HP dan jangan lupa menyimpan file soft copynya.

  • Membawa Goody Bag

Goody Bag merupakan pengganti kantong plastik karena dapat digunakan berkali-kali. Saat ini, banyak Goody Bag yang dijual berbahan parasut tipis sehingga mudah dilipat dan diselipkan dalam tas maupun saku kita. Gak ribet bukan ? Saat kita berbelanja , kita tidak perlu menerima kantong plastik karena barang belanjaan tersebut dapat dimasukkan ke dalam Goody Bag.  Wow, dengan membawa Goody bag kita bisa mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik lho.

  • Membawa Botol Air Minum Refill dan Tempat Makan

Saat anda melakukan travelling, jangan lupa untuk senantiasa membawa botol air minum refill dan tempat makanan. Barang-barang tersebut penting untuk dibawa karena akan menghemat penggunaan botol plastik maupun plastik kemasan makanan. Contohnya yaitu saat anda akan membeli makanan. Dengan membawa tempat makan  maka makanan yang anda beli tidak perlu dibungkus dengan kertas bungkus atau sterefoam yang jelas tidak ramah lingkungn karena sulit didaur ulang.  Selain itu dengan membawa botol refill anda dapat mengisi ulang air minum di penginapan / hotel tempat menginap sehingga tidak perlu membeli air minum kemasan .Sangat ramah lingkungan sekali kan !

  • Membawa 1 kantong Plastik sebagai Tempat Sampah

Kantong Plastik yang anda bawa digunakan sebagai tempat sampah sementara ketika anda sulit menemukan tempat sampah di sekitar obyek wisata yang dikunjungi. Hal ini akan meminimalisasi pembuangan sampah sembarangan yang  mengakibatkan kawasan wisata terlihat kotor dan kumuh.

  • Mengurangi Penggunaan Tisu dengan Sapu Tangan

Tisu merupakan barang yang wajar untuk dibawa saat travelling karena banyak berguna. Namun, untuk melaksanakan Green Travel kita perlu mengurangi penggunaan tisu dengan cara membawa sapu tangan.

  • Memilah Sampah

Saat travelling ke suatu tempat dan akan membuang sampah, jangan lupa untuk memilah sampah sesuai jenisnya. Mislnya yaitu pisahkan antara sampah basah dan sampah kering. Sampah organik dan anorganik.  Hal ini penting dilakukan karena akan memudahkan proses daur ulang sampah tersebut.

  • Hemat Energi

Green Travel juga mengacu pada penghematan energi. Energi yang dimaksud yaitu air dan listrik. Saat anda sedang travelling, berlaku bijaklah pada air dengan menggunakan seperlunya saja dan tidak berlebihan. Selain itu, hemat listrik juga harus dilakukan. Contohnya yaitu  mencabut charger HP ,laptop dan gadget lainnya dari tempat colokan saat baterai sudah terisi penuh dan menyalakan lampu saat di butuhkan penerangan saja.

 

Nah para pembaca , tips-tips di atas dapat dijadikan referensi nih untuk melakukan travelling ramah lingkungan melalui Green Travel. Hal ini sangat penting lhoh untuk mulai dibiasakan mengingat kondisi lingkungan kita yang semakin memprihatinkan. Dengan melaksanakan Green Travel , kita sudah ikut berkontribusi untuk menyelamatkan dan melestarikan lingkungan sekitar kita . Jika bukan kita, siapa lagi  yang peduli akan lingkungan ini ? 😀

 

Sumber :

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/picnicholic/11/07/15/lodl8y-green-travel-berwisata-ramah-lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + = 16